Selasa, 30 September 2014

Jual Buku Tasauf Modern, HAMKA

Jual Buku Tasauf Modern, HAMKA
Judul : Tasauf Modern
Pengarang : Hamka
Harga : 75.000,-
Penerbit : Pustaka Panjimas, Jakarta
Tahun :
Tebal : xix + 317 halaman
Kondisi : bekas, bersih, bagus
Stok : tersedia

Deskripsi : buku ini memuat  12 bagian. Bagian I  pendapat-pendapat tentang bahagia. Bagian II  hubungan antara bahagia dan agama. Lalu bagian III membahas tentang bahagia dan utama ; memerangi hawa nafsu–hawa dan akal–ikhlas dan nasihat.

Bagian IV bicara soal kesehatan jiwa dan badan. Bagian V soal harta benda dan bahagia. Bagian VI tentang Qana’ah. Bagian VII soal tawakal. Bagian VIII membahas bahagia yang dirasai Rasulullah SAW. Bagian IX soal hubungan ridha dan keindahan alam. Selanjutnya, bagian X membahas tangga bahagia. Bagian XI mengupas tentang sebab-sebabnya orang celaka. Buku ini ditutup dengan bagian XII yang bicara tentang munajat.

Buku tasawuf modern ini ditulis oleh almarhum Hamka sekitar tahun 30-an, sebagai karangan bersambung dalam majalah pedoman masyarakat yang terbit di Medan dengan Hamka sendiri sebagai pemimpin redaksi. Setelah selesai pemuatan dalam majalah, atas permintaan pembaca tasawuf modern diterbitkan sebagai sebuah buku untuk pertama kali tahun 1939. Penerbitan pertama ini ternyata mendapat sambutan dari masyarakat sehingga mengalami cetak ulang beberapa kali dari sebuah penerbit di Medan. Setelah proklamasi kemerdekaan, tasawuf modern kembali diterbitkan di Jakarta sekitar tahun 60-an. Sejak sekitar tahun 70-an, oleh pengarang penerbitan tasawuf modern dan beberapa karya lain termasuk tafsir Al-Azhar dipercayakan pada pustaka panji mas. Alhamdulillah minat dan sambutan pembaca terhadap karya-karya almarhum Hamka, sampai saat ini masih tetap tinggi, terbukti dengan terjadi beberapa kali cetak ulang tasawuf modern,falsafah hidup, lembaga budi, tasawuf perkembangan dan pemurniaannya, dll. Bukan hanya di Indonesia beberapa penerbit di Malaysia dan Singapura atas persetujuan ahli waris menerbitkan tasawuf modern dan karya-karya Hamka lainnya. Pada hemat kami, kendati sudah berlalu puluhan tahun dan banyak terjadi perubahan besar dalam masyarakat, serta pergantian generasi, untuk waktu yang lama karya-karya almarhum Hamka ini justru semakin diperlukan. Saat ini umat manusia hidup dalam zaman modern yang serba praktis dan enak berkat teknologi canggih. Namun kemodernan dan gaya hidup yang mementingkan materi ternyata tidak memberi kebahagian, di samping jasmani, manusia juga memerlukan kebahagian rohani. Disinilah dirasakan perlunya dakwah atau pelajaran agama baik bentuk tabligh maupun buku-buku yang menentramkan rohani, antara lain tasawuf modern karya almarhum Hamka ini. Selamat membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar