Minggu, 19 Oktober 2014

Jual Buku Gambar Tangan Gua Gua Prasejarah, R Cecep Permana

Jual Buku Gambar Tangan Gua Gua Prasejarah, R Cecep PermanaGambar Tangan Gua Gua Prasejarah ,
Pangkep-Maros Sulawesi Selatan
RP 65.000
Penulis R. Cecep Eka Permana
Penerbit Wedatama Widya Sastra
Tanggal terbit Juni - 2014
Jumlah Halaman -
Berat Buku 400 grISBN 9789791012461

Jenis Cover Soft Cover

Gambar tangan (hand stencil) merupakan salah satu bentuk gambar gua (rock art) yang banyak ditemukan pada situs-situs gua prasejarah dari masa paleolitik dan/atau mesolitik di seluruh dunia. Di Indonesia, gambar tangan tersebut ditemukan di Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua. Khusus temuan gambar tangan di Sulawesi Selatan banyak dijumpai pada Kawasan Situs Gua Prasejarah Maros-Pangkep.
Buku ini mengkaji lebih dari 500 gambar tangan dari berbagai situs gua prasejarah di Kabupaten Pangkep dan Maros, Sulawesi Selatan. Terdapat beragam bentuk, ukuran, dan letak gambar tangan.
Dari berbagai variasi gambar tangan tersebut diketahui bahwa terdapat suatu pola gambar yang khas. Pola yang terbentuk itu menunjukkan masyarakat pendukung kebudayaan tersebut memiliki pandangan normatif tertentu mengenai budaya gambar tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar