Senin, 29 Desember 2014

Jual Buku China`s Megatrends 8 Pilar yang Membuat Dahsyat China / John Naisbitt

Jual Buku China`s Megatrends 8 Pilar yang Membuat Dahsyat China Oleh John Naisbitt, Doris NaisbitBuku China`s Megatrends
8 Pilar yang Membuat Dahsyat China Oleh John Naisbitt, Doris Naisbit. Harga Rp 70.000 TERJUAL 29/12
China`s Megatrends
8 Pilar yang Membuat Dahsyat China Oleh John Naisbitt, Doris Naisbit

Terbit : Juli 2010
Ukuran : 15 x 23
Tebal : 282 halaman
Cover : Soft
Tersedia 1 buah

Tak diragukan lagi Cina adalah fenomena dahsyat abad ke-21. Perkembangan ekonominya yang berada di atas 8% per tahun dalam kurun waktu tiga dasawarsa terakhir ini telah membawa negeri itu sebagai kekuatan enonomi nomor dua dunia setelah Amerika Serikat. Malah, menurut perkiraan, kalau pertumbuhannya terus melejit seperti sekarang ini dengan konstan, ia bakal meninggalkan Amerika paling lambat pada 2027. Itu perkiraan yang ditarik Golden Sach.

Mungkin kedahsyatan itulah yang menarik John Naisbitt dan istrinya, Doris, dua ahli membaca masa depan berdasarkan kecenderungan yang terjadi sekarang, ikut "turun gunung" untuk nimbrung ngomong tentang Cina. Maklumlah John mengajar di beberapa universitas di negeri semilyar manusia itu, sedangkan Doris juga guru besar luar biasa di Universitas Yunnan. Maka, terbitlah buku yang judul aslinya China's Megatrends: The 8 Pillars of a New Society.

Untuk menerbitkan karya itu, persiapan Naisbitt tak main-main. Dengan dukungan penuh Pemerintah Cina dia mendirikan Naisbitt China Institute dan didukung oleh 28 periset andal dari dua universitas negeri yang terbilang oke di negara itu. Tapi, justru di situlah letak kelemahan dari buku ini, lantaran ia telah meninggalkan objektivitas. Walaupun begitu, hal itu bisa dimengerti karena pada kata pengantarnya ia dengan tegas mengatakan, buku ini berbicara tentang Cina sesuai dengan apa yang ingin dikatakan oleh negeri itu. Karena itulah, buku ini bisa dibilang alat propaganda.

Ada delapan faktor yang, menurut Naisbitt, menjadi pendorong mengapa Cina maju dengan kencang dan menjadi fenomena khusus. Ia mengatakan, sabda Deng Xiaoping setelah berhasil menyingkirkan para lawannya kaum Maois menjelang 1980 yang berbunyi "emansipasi pikiran" adalah salah satu kata kunci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar