Selasa, 10 November 2015

Muslimah Reformis: Perempuan Pembaru Keagamaan, Penulis Siti Musdah Mulia


Jual Buku Muslimah Reformis: Perempuan Pembaru Keagamaan Author :     Siti Musdah Mulia
Judul :     Muslimah Reformis: Perempuan Pembaru Keagamaan
Author :     Siti Musdah Mulia
Harga Rp 195.000
Penerbit :     Mizan Pustaka
Tanggal Terbit :   
ISBN/EAN :     979-433-378-6
Jumlah Hal. :     568

Sinopsis :
Inilah feminis Islam dari Indonesia! Demikian Prof. Saparinah Sadli memberi sebutan bagi sang pengarang, Siti Musdah Mulia. Pengarang sendiri menawarkan sosok-ideal Muslimah yang disebutnya sebagai Muslimah Reformis.

Apa itu Muslimah Reformis? Muslimah Reformis adalah sosok Muslimah yang amat peduli pada penegakan demokrasi, pluralisme, keadilan, dan kesetaraan demi membangun masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan. Muslimah Reformis mencoba mendialogkan persoalan-persoalan kemanusiaan yang menyejarah dengan spirit ajaran-ajaran Islam yang universal, abadi, inklusif, dan berwajah kemanusiaan.

Prof. Dr. Siti Musdah Mulia, M.A. lahir di Bone, Sulawesi Selatan, pada 3 Maret 1958. Dialah perempuan pertama yang meraih doktor di bidang pemikiran politik Islam pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; perempuan pertama yang dikukuhkan oleh LIPI sebagai ahli peneliti utama. Melakukan penelitian-penelitian di bidang sosial-antropologi dan filologi, antara lain, "Naskah Kuno Berbasiskan Islam"; Potret Buruh Perempuan dalam Industri Garmen di Jakarta"; "Konsep Ketuhanan dalam Etnis Sasak". Menulis berbagai buku keagamaan, antara lain Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadis; Sejarah dan Pengantar Ilmu Tafsir; Seluk-Beluk Ibadah dalam Islam. Menulis entri-entri dalam Ensiklopedi Islam; Ensiklopedi Hukum Islam dan Ensiklopedi Al-Quran. Menulis buku-buku seputar Islam dan keperempuanan, antara lain Potret Perempuan dalam Lektur Islam; Islam Menggugat Poligami; Kesetaraan dan Keadilan Gender dalam Perspektif Islam; Pedoman Dakwah Muballighat.


Daftar Isi

Bagian Pertama:
Perempuan Menghayati Islam: Landasan Reformasi---1
Bagian Kedua:
Perempuan Sebagai Ulama---85
Bagian Ketiga:
Perempuan Melawan Kekerasan---151
Bagian Keempat:
Perempuan Pembela Hak Asasi Manusia---215
Bagian Kelima:
Perempuan Sebagai Pemimpin---273
Bagian Keenam:
Perempuan Pelaku Rekonsiliasi---315
Bagian Ketujuh:
Perempuan dan Kebijakan Publik---343
Bagian Kedelapan:
Perempuan Peduli Hak Anak---401
Bagian Kesembilan:
Perempuan Menawarkan Solusi--447
Bagian Kesepuluh:
Agenda Gerakan Muslimah: Dari Tafsir ke Aksi---513



Tidak ada komentar:

Posting Komentar