Jumat, 06 Juni 2014

Jual Buku COLABORATIVE LEARNING / David Johnson

Jual Buku COLABORATIVE LEARNING  (Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama)  Pengarang: David W. Johnson  Penerbit:NusamediaJudul: COLABORATIVE LEARNING
(Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama)
by David W. Johnson.Harga Rp. 39.000,-  
Penerbit:Nusamedia
ISBN 979-1305-41-9
Cetakan ke/th 3, th 2012
Bahasa Indonesia
Tebal: xii + 196 hlm
Kertas Isi: HVS
Ukuran    :14 x21cm
Berat 300 gram                  


DAFTAR ISI :
PEMBELAJARAN KOOPERATIVE
Kerjasama di dalam kelas
-   Kompetisi
-   Individualisme
-   Kooerasi
Komponen-komponan Esensial: Hal-hal yang Membuat Kerja Sama Bisa Berjalan Lancar
Tipe-tipe Pembelajaran Kooperatif
-   Pembelajaran Kooperatif Formal
-   Pembelajaran kooperatif Informal
-   Kelompok-kelompok Kooperatif Inti
-   Struktur Kooperatif
Mengajarkan Skil-skil Kooperatif
Sekolah kooperatif
-   Mengimplementasikan Kerja Sama di Sekolah
-   Menguasai Keahlian dalam Menggunakan Pembelajaran Kooperatif

RISET TENTANG PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Dari Mana Sajakah
Konsep Tentang Tujuan-tujuan Belajar: Asal-usul Teoritis
-  Social-Interdependent Theory (Teori Saling Ketergantungan Sosial)
-  Cognitive Development Theory (Teori Perkembangan Kognitif)
-  BEhavioral Learning Theory (Teori Perkembangan Behavioral)
Dari Mana Sajakah Kita Riset
Hasil Kerja Sama
Hubungan Interpersonal dan Dukungan sosial
Penyesuaian Psikologis
Segala Sesuatu Mempengaruhi Segala Sesuatu Lainnya

KOMPONEN-KOMPONEN ESENSIAL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Kerja Sama Lebih dari Sekedar Pengaturan Tempat Duduk
Kooperatif
-  Interdependensi Positif: "Kami Lebih Baik Daripada Aku"
-  Interdependensi Positif dan Konflik Individual
Interaksi Promotif Tatap Muka
Tanggung Jawab Individual/Tanggung Jawab Personal
Skil-skil Kelompok Keccil dan Interpersonal
Pemrosesan Kelompok
Penggunaan Pembelajaran Kooperatif

PEMBELAJARAN KOOPERATIF FORMAL
Peran Guru Menjadi "Pembimbing yang Ada di Samping"
-  Menentukan Secara Spesifik Tujuan Pengajaran
-  Membuat Keputusan Pra-Pengajaran
-  Menjelaskan Struktur Tugas dan Tujuan
-  Memulai Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif
-  Memonitor Keefektifan Kelompok Pembelajaran kooperatif dan mengintervensi Jika Perlu
-  Mengevaluasi Pembelajaran dan Pemrosesan
-  Kecerdasan Ganda dan Kecenderungan

PEMBELAJARAN KOOPERATIF INFORMAL

KELOMPOK INTI KOOPERATIF
Kelompok Inti Kelas
Kelompok Inti Sekolah
Kelompok Inti Penerimaan Saran atau Masuk Ruang Bimbingan
Perlunya Hubungan Jangka Panjang yang Stabil

PENGGUNAAN PEMBELJARAN KOOPERATIF TERINTEGRASI DI KELAS

MENGAJARKAN SKIL-SKIL KOOPERATIF KEPADA SISWA
Pentingnya Skil-skil Kooperatif
Mengajarkan Skil-skil Kooperatif: Beberapa Aturan Umum
Skik-skil yang Perlu Diajarkan
-   Forming (Membentuk)
-   Functioning (Memungsikan)
-   Formulating (Merumuskan)
-   Fermenting (Mengembangkan)
Mengajarkan Skil-skil Kooperatif : SEbuah Contoh
-   Peran Guru

KOOPERASI DAN KONFLIK
Menciptakan Kontekss Kooperatif
Terlibat dalam Kontroversi Akademik
Menciptakan Program Mediasi Sesama Teman
-   Mengajarkan Siswa untuk menyelesaikan Konflik Mereka Sendiri
-   Mengajarkan Siswa untuk Memediasi Konflik Teman Sekelas
-   Mengimplementasikan Program
Upaya terakhir
Menengahi Konflik dan Masalah-masalah Disiplin

SEKOLAH KOOPERATIF
Struktur Sekolah Kooperatif
-   Kelas Kooperatif
-   Sekolah kooperatif
-   Dinas Pendidikan Daerah yang Kooperatif
Pendidikan Berkualitas di Sekolah kooperatif
-   Pengembvangan Berkelanjutan
-   Memperoleh dan Berbagai Keahlian
-   Kualitas Implementasi (Diagram Kualitas)
-   Benchmarking
Memberikan Kepemimpinan

BEBERAPA PEMIKIRAN AKHIR: PERUSAHAAN PARADIGMA MENGAJAR
Menciptakan Komunitas Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar