Judul Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter
Penulis Arismantoro (editor)
Penerbit Tiara Wacana
x + 170 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-1262-14-4
Kondisi Baru
Harga: Rp.30.000
Anak laksana buku yang tak pernah habis dibaca, setiap saat halamannya bisa bertambah dan berubah. Oleh karenanya, maka segala hal yang menyangkut pendidikan anak hendaknya dilakukan secara bertahap (gradual), terus-menerus, dan berkesinambungan, tak terkecuali dalam pengembangan karakter (character building) anak.
Bahasan materi buku ini bersangkutan dengan berbagai pendekatan dalam pengembangan karakter bagi anak, seperti misalnya ?metode hypnoparenting; ?pendekatan kasih sayang; ?penanganan anak hiperaktif; ?penanganan penderita bullying melalui pendidikan seni rupa, dan sebagainya. Digagas pula perihal kriteria pendidikan karakter untuk anak-anak Indonesia.
Di samping peran dari pendidik, orangtua, dan masyarakat dalam pendidikan dan pengembangan karakter anak (character building), tidak ketinggalan pula dibahas tentang peranan dunia ?ke-eyang-an? (grandparenthood) ?yakni tatkala kakek/nenek harus berperan sebagai pengasuh (caregivers) bagi cucunya? seperti ?hakikat eyang; ?hak & kewajiban eyang; ?gaya dasar keeyangan; serta ?peran vital eyang.
Dengan paparan lugas dan mudah dipahami, diharapkan buku ini dapat digunakan sebagai pengayaan wawasan bagi para mahasiswa, dosen, serta peneliti khususnya dalam mengkaji persoalan character building bagi anak usia dini; serta bagi pemerhati masalah anak, para orangtua; serta para (calon) kakek/nenek.
Daftar Isi
Bagian 1: Perspektif-perspektif tentang Character Building
Peranan Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak
Kak Seto
Peranan Aktivitas Pengasuhan pada Pembentukan Perilaku Anak Sejak Usia Dini
Rita Eka Izzaty, M.Si., Psi.
Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter
Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum.
Mendidik dan Membangun Kemandirian Anak dengan Hypnoparenting
Eva Imania Eliasa, S.Pd.
Perlunya Penerapan Pendekatan Kasih Sayang dalam Proses Pembelajaran untuk Pengembangan Karakter Anak Didik
Das Salirawati, M.Si.
Bagian 2: Subjek-subjek Parenting
Meretas Pola Hubungan Kakek-Nenek dan Cucu dalam Mengembangkan Karakter Anak
dr. Probosuseno, Sp.P.D., K.Ger.
Menjadi Eyang yang Bijaksana
Umar Suwito, M.Pd.
Pengembangan Karakter Melalui Hubungan Anak-Kakek-Nenek
Anita Yus, M.Pd.
Pola Hubungan Ideal Anak-Pendidik untuk Pengembangan Krakter Anak
Sri Lestari Linawati, S.S.
Pengasuhan Ayah-Ibu yang Patut: Kunci Sukses Mengembangkan Karakter Anak
Mukti Amini, S.Pd., M.Pd.
Pola Hubungan Ideal antara Anak dengan Ayah-Ibu untuk Pengembangan Karakter Anak
Nova Indriati, S.E.
Learning Society sebagai Sarana Mencapai Generasi Penerus yang Memiliki Jati Diri Bangsa Indonesia
Dr. Farida Hanum, M.Si.
Bagian 3: Kasus dan Anomali
Peran Pendidikan Seni Rupa dalam Mengatasi Bullying Victim Akibat Parental Subjectivism
Drs. Hajar Pamadhi, M.A. (Hons.)
Keberhasilan Pendidikan Nilai bagi Anak Hiperaktif
Hermanto SP, M.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar