Senin, 15 September 2014

Jual Buku Pengajaran Mikro Suwarna, dkk.

Jual Buku Pengajaran Mikro,  Suwarna, Tiara Wacana,
Buku Pengajaran Mikro
Suwarna, dkk.
Harga: Rp.39.500
xvi + 240 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-9340-75-6
Penerbit Tiara Wacana

Tidak lama setelah Hiroshima dan Nagasaki hancur dibom atom oleh Amerika Serikat pada tahun 1942, pertanyaan pertama yang mengusik kegundahan Kaisar Hirohito (Kaisar Jepang waktu itu) adalah berapa banyak guru yang selamat dari pemboman tersebut. Peristiwa ini pada dasarnya membawa pesan universal: betapa pentingnya guru bagi suatu bangsa, sehingga ketika berada dalam keadaan katastropis, perhatian pertama dari seorang pemimpin bangsa itu adalah nasib para guru dari bangsa tersebut.
Kini, arti penting guru seperti itu dimanifestasikan secara rasional melalui kaidah-kaidah kompetensi, seperti kompetensi mengajar, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kompetensi mengajar berkaitan dengan penguasaan sejumlah keterampilan mengajar; sedangkan kompetensi profesional dan kompetensi sosial secara implisit tercakup di dalam penguasaan kompetensi mengajar. Dalam arti, guru dengan kompetensi mengajar yang baik dan bertanggung jawab diasumsikan akan secara simultan menguasai kompetensi profesional dan kompetensi sosial.
Bagaimanakah implementasi kaidah-kaidah kompetensi tersebut diwujudkan pada tataran praktik? Situasi pengajaran macam apa yang perlu ditumbuhkan? Apa saja perangkat yang diperlukan untuk memfasilitasi pengajaran yang kompeten? Buku ini berusaha menyajikan semacam 'panduan' pengajaran di tingkat praktis tersebut. Secara lebih mendalam, pembahasan buku ini mencakup beberapa aspek, yakni pengajaran mikro, perencanaan pengajaran, kompetensi dasar mengajar, interaksi pengajaran, media pengajaran, supervisi klinis, dan evaluasi dalam pengajaran mikro.
Melalui uraian kalimat yang mengalir, dan dilengkapi berbagai ilustrasi pendukung, buku ini pantas digunakan sebagai acuan dalam peningkatan dan pengasahan keterampilan mengajar bagi para calon instruktur, pembimbing calon guru, guru senior, guru pemula, dan tentunya bagi para calon guru.
Daftar Isi

    Bab I. PENGAJARAN MIKRO
        A.Pendahuluan
        B.Pengajaran Mikro Sebagai Pembentuk Keterampilan Dasar Mengajar
        C.Pelaksanan Pengajaran Mikro
        D.Kasus-kasus dalam Pengajaran Mikro
    Bab II. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
        A.Perencanaan Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem
        B.Konsep Dasar dan Pengertian Perencanaan Pembelajaran
        C.Model-model Perencanaan Pembelajaran
        D.Perencanaan Pembelajaran Model PPSI
        E.Perencanaan Pengajaran Model KBK
    Bab III. KOMPETENSI DASAR MENGAJAR
        A.Pendahuluan
        B.Kompetensi Dasar Mengajar
    Bab IV. INTERAKSI PEMBELAJARAN
        A.Proses Komunikasi
        B.Bentuk-bentuk Komunikasi Pembelajaran
        C.Jenis-jenis Komunikasi
        D.Komponen Keterampilan Berkomunikasi Antar Pribadi
        E.Pendekatan Pembelajaran
        F.Metode Pembelajaran
        G.Sumber, Media dan Alat Pembelajaran
        H.Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL)
    Bab V. MEDIA PEMBELAJARAN
        A.Pendahuluan
        B.Klasifikasi Media Pembelajaran
        C.Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran
        D.Nilai Praktis Media Pembelajaran
        E.Kelaikan Media
        F.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Media Pembelajaran
        G.Media Pembelajaran Dua Dimensi Non Projeksi
        H.Jenis-jenis Media
    Bab VI. SUPERVISI KLINIS
        A.Pendahuluan
        B.Pengertian Supervisi dan Supervisi Klinis
        C.Beberapa Penelitian Supervisi Klinis
        D.Karakteristik Supervisi Klinis
        E.Tujuan Supervisi Klinis
        F.Prinsip Supervisi Klinis
        G.Siklus/langkah Supervisi Klinis
        H.Tahapan Supervisi Klinis
        I.Lembar Supervisi
    Bab VII. EVALUASI DALAM PENGAJARAN MIKRO
        A.Pengembangan Sistem Penilaian/Evaluasi Berbasis Kompetensi
        B.Penilaian Pengajaran Mikro
    DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar